Surat laporan kejadian bencana alam adalah surat yang berisi laporan kejadian bencana alam yang ditujukan kepada Kepala Daerah,lembaga, Dinas atau Badan terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Sebelum membuat surat laporan kejadian bencana alam. Tentu Anda harus mengetahui jenis kejadian bencana apa yang dimaksud dan apa dampak yang ditimbulkan sebagai bahan untuk membuat surat laporan kejadian.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Surat Laporan Kejadian Bencana Alam
Jenis Bencana Alam
Kejadian bencana alam adalah peristiwa atau kejadian bencana yang diakibatkan oleh alam,seperti :- Gempa bumi
- Gunung meletus
- Banjir
- Tanah longsor
- Kebakaran dan lain-lain
Waktu Kejadian
Waktu kejadian ditulis kapan terjadinya kejadian bencana alam seperti : Hari, tanggal dan PukulTempat Kejadian Bencana Alam
Untuk tempat kejadian ditulis lengkap alamatnya seperti didaerah atau dilokasi mana terjadinya kejadian bencana alam tersebut
Sebab, Akibat dan Dampak yang ditimbulkan Bencana
Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan dimana saja baik di perkotaan maupun di desa misalkan telah terjadi bencana alam tanah longsor di desa maka dalam membuat surat laporan kejadian bencana alam harus berisi dampak yang ditimbulkan meliputi : Sebab akibat, Korban Luka, Umur, Jumlah jiwa dan Kerusakan seperti :- Rumah. :
- Sekolah :
- Masjid :
- Jalan umum :
- Sawah :
- Kerugian material :
Bahaya Bencana dan Mengancam
Dalam kejadian bencana alam biasanya membahayakan daerah atau lokasi sekitar contoh seperti tanah longsor biasanya mengancam Permukiman penduduk atau akses jalan tidak bisa dilalui dan lain-lainPenanganan sementara atau tindakan yang dilakukan
Ditulis penanganan apa yang telah dilakukan dengan adanya kejadian tersebut seperti melakukan koordinasi dengan Unsur kecamatan (satpol pp), Unsur desa, BPBD (relawan), Tim Reaksi Cepat Bencana ( TRC) dan Babinsa/Babinkamtibmas.Saat membuat surat laporan kejadian bencana alam lampirkan juga bukti gambar atau foto kejadian.
Contoh Format Laporan Kejadian Bencana Alam Tanah Longsor
PEMERINTAH ................
KECAMATAN ..................
Desa ........................
Jl. ....... Km. ..... Telp
Kode Pos .......
=============================================================
...................,2 Agustus 2020
Nomor : 360 /
Lampiran : 1 (satu) bendel.
Perihal : Laporan Kejadian Tanah Longsor
Yth.
K e p a d a :
.......................
di-
.................
Berdasarkan laporan Kepala Desa ........ Kecamatan ......... tanggal 2 Agustus 2020, perihal laporan kejadian tanah longsor.
Dengan ini kami laporkan dengan hormat, sebagai berikut :
1.Waktu Kejadian : Kamis , 2 Agustus 2020, Pukul. 09.00 Wib
2.. Tempat Kejadian : Dukuh Kraminan RT.03 RW 02 Blok Selatan Desa...........Kecamatan.........Kabupaten........
3.Sebab sebab Kejadian: Hujan deras secara terus menerus mengakibatkan tanah longsor
4.Tindakan yang dilakukan :
Telah Dilaksanakan pengecekan dan peninjauan ke lokasi kejadian oleh Kepala Desa.......beserta Muspika Kecamatan ............. dan mengintervarisir jalan dan rumah yang terancam tanah longsor
5. Taksiran Kerugian :
-Akibat kejadian tersebut salah satu rumah yang terdampak tanah longsor Rumah milik Bapak. Jasim yang berlokasi di tempat kejadian dengan kerugian material mencapai Rp.500.000,-
-Tanah longsor dengan ukuran : panjang 7 m, Tinggi Tebing 3 m
-Tidak ada korban jiwa
6.Bahaya bencana dan mengancam :
-Akses di Jalan Kraminan Desa ....... tertutup tidak bisa dilalui baik kendaraan roda 2 maupun roda 4
-Tanah longsor juga mengancam 4 rumah warga milik ......yang berada 2 meter dari tempat kejadian.
7. Berikut lampiran foto kejadian
Demikian laporan ini kami buat untuk menjadikan periksa dan mohon petunjuk lebih lanjut.
TEMBUSAN ; Disampaikan Kepada Yth :
1. Kepala........
2. Pertinggal
TTD
( NAMA)